5 Tips Naik Gunung Untuk Pemula yang Wajib Diperhatikan

5 Tips Naik Gunung Untuk Pemula yang Wajib Diperhatikan

Sharing is caring!

dayzsasurvival.com – Saat ini, mendaki gunung bukan lagi milik yang berpengalaman. Dengan makin mudahnya mendapatkan informasi, transportasi yang makin cepat, naik gunung menjadi salah satu alternatif liburan bagi mereka yang berjiwa petualang. Lalu bagaimana jika pemula atau perempuan mau mendaki gunung? Tidak masalah. Kini siapapun bisa mendaki gunung. Dengan beberapa syarat tentunya. Misalnya, gunung yang dituju merupakan gunung yang bisa didaki oleh pemula/perempuan. Lalu apa saja yang harus dipersiapkan bagi pendaki gunung pemula? Berikut beberapa tips yang bisa kamu simak untuk persiapan naik gunung untuk seorang pemula.

  1. Tingkat kesulitan gunung yang dituju

Seperti yang sudah disampaikan di atas, kamu harus menyadari bahwa untuk pemula tidak banyak gunung yang bisa dituju. Hal ini disesuaikan dengan medan dan jarak tempuh. Kamu tidak akan disarankan untuk langsung mendaki gunung yang terlalu tinggi atau medan yang sangat beresiko. Karena selain medannya yang sulit, khawatir secara mental akan terpengaruh juga. Sedangkan naik gunung tidak bisa putar balik begitu saja mengingat waktu dan perbekalan yang dibawa sangat terbatas. Jadi, mulailah dari gunung-gunung yang tidak terlalu tinggi dan medannya yang ramah untuk pemula.

  1. Waktu

Ada beberapa waktu dimana gunung sangat riskan untuk didaki oleh pemula. Misalnya musim hujan. Untuk ini, sebaiknya kamu juga harus mempertimbangkan waktu pendakian. Pilihlah musim transisi hujan ke panas dimana biasanya di musim ini lebih bersahabat udaranya sehingga banyak pendaki-pendaki lainnya yang muncak di musim ini. Jika kamu memilih musim panas, di beberapa gunung yang agak sulit mata airnya, akan membuatmu kesulitan mendapatkan air bersih. Waktu yang tepat akan memberimu rasa nyaman dalam mendaki.

  1. Persiapan fisik dan mental

Hal ini merupakan persiapan pertama dan utama. Kamu harus bergabung dengan kelompok yang mau menerima pendaki pemula sepertimu. Sehingga kamu bisa merasa nyaman selama pendakian. Selain itu kamu juga harus mempersiapkan fisik dengan berolahraga sebulan sebelum pendakian. Olahraga yang bisa dilakukan berupa jogging untuk melatih kekuatan kaki dan renang untuk melatih kemampuan nafasmu. Jangan mendaki di saat fisikmu tidak siap karena ini akan membebani kelompokmu.

Baca juga : Adventurer, Tips Nyaman Travelling di Alam

Selain itu kamu harus melatih mental untuk selalu bersikap positif. Hal ini sangat penting mengingat berada di alam, kamu harus mengandalkan dirimu sendiri dan selalu menjaga motivasi untuk bisa sampai ke puncak. Mulailah dengan yakin pada dirimu sendiri dan jauhi pikiran-pikiran negatif tentang apapun.

  1. Barang-barang yang perlu dibawa

Setelah mempersiapkan hal-hal di atas, kamu harus mulai menseleksi barang-barang yang akan dibawa. Karena naik gunung merupakan kegiatan yang bersifat mandiri, maka pilihlah barang yang penting dan praktis dibawa. Misal, jangan membawa terlalu banyak pakaian yang memberatkanmu. Selalu gunakan pakaian ringan namun dapat mencegah udara dingin. Kamu bisa mempelajari jenis barang yang dibawa dari kelompokmu. Jangan lupa untuk membawa obat-obatan pribadimu. Setiap peserta pendakian bertanggung jawab untuk kesehatan dirinya sendiri.

  1. Menjaga kebersihan selama perjalanan

Hal ini seharusnya menjadi kebiasaan di manapun kita berada. Selama di gunung, kita bertanggung jawab dengan sampah yang kita buat dengan cara mengumpulkannya di kantong plastik untuk dibawa turun kembali. Agar gunung tidak jadi tempat sampah raksasa yang dapat merusak ekosistem. Selain itu, tidak boleh mencoret-coret di manapun selama berada di alam. Dan selalu menjaga tanaman di sekitar kita dengan tidak memotong atau mematahkan dahan yang ada walaupun kita membutuhkannya untuk kayu bakar. Gunakan yang sudah patah sehingga dengan demikian kita turut menjaga kelestarian alam.

Tidak sulit kan mempersiapkan diri untuk bertualang ke alam bebas sekalipun kita pemula? Selamat berlibur!