Adventurer, Tips Nyaman Travelling di Alam

Adventurer, Tips Nyaman Travelling di Alam

Sharing is caring!

dayzsasurvival.com – Buat kamu berjiwa adventurer, berlibur itu berarti mencari kedamaian di alam bebas. Baik itu di gunung, pantai atau sekedar kemping ceria. Meskipun tempat yang akan kamu kunjungi merupakan tempat wisata, namun kehati-hatian tetap jadi nomer satu. Untuk itu sebelum berangkat, kamu perlu mengetahui hal-hal di bawah ini sebagai skill bertahan hidup dasar di alam terbuka untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Apa saja? Yuk simak tips-tips berikut.

  1. Memberi tahu keluarga/orang terdekat tujuanmu

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum pergi travelling adalah memberi tahu keluarga/orang terdekatmu, tujuan dan berapa lama kamu pergi travelling. Hal ini penting untuk memastikan kamu dalam keadaan baik. Jika dalam waktu tertentu kamu belum kembali, maka keluargamu adalah orang pertama yang akan mencari keberadaanmu. Sehingga bila sesuatu terjadi, kamu bisa segera diselamatkan. Jangan pernah tidak melakukan ini ya. Keselamatan adalah yang utama sekeren apapun tempat liburanmu.

  1. Jangan melawan alam

Kita mungkin sering mendengar quote ini. Don’t mess with mother nature. Ungkapan ini tepat sekali. Karena secanggih apapun alat yang kamu bawa, sepintar apapun informasi yang kamu punya, alam tetap bukan lawan untuk dikalahkan. Terkadang kita perlu mendengarkan alam, apa maunya untuk tetap selamat.

Contohnya jika kamu melihat angin puting beliung di kejauhan, segera berjalan ke arah menjauhi bukan malah mendekati dengan alasan apapun. Karena kita tidak tahu seberapa besar kekuatannya dan arah tujuannya. Contoh lainnya, sehabis hujan, kita dilarang untuk menyusuri jalur sungai. Hal ini menjadi ilmu pertahanan dasar bagi anak-anak pramuka. Karena setelah hujan, kemungkinan banjir bandang dari dataran tinggi mungkin saja terjadi di sepanjang jalur sungai.

  1. Membawa peralatan keselamatan

Berada di alam berarti kita sudah mempersiapkan segala perlengkapannya. Mulai dari perlengkapan pribadi, kotak P3K hingga peralatan keselamatan. Dengan mempersiapkan perlengkapan yang dibutuhkan kita sudah memperhitungkan resiko berada di alam. Misalnya kamu mau mendaki gunung, maka peralatan keselamatan standar adalah membawa pisau kecil, tali dan alat komunikasi berbasis satelit sehingga tetap bisa dihubungi tanpa terkendala sinyal operator.

  1. Berhati-hatilah dengan hewan liar

Alam liar adalah rumah bagi hewan-hewan liar. Sejinak apapun seekor hewan yang kita temukan di alam, mereka tetaplah hewan liar. Jadi jangan sok akrab dengan mereka karena biasanya mereka tidak sendirian. Tetap jaga jarak dengan hewan liar yang kamu temukan untuk keselamatanmu dan kelompokmu. Jangan memberikan makanan kepada hewan liar. Karena mereka sudah terbiasa makan di alam dan dengan memberikan makanan kepada mereka, mereka akan kembali untuk meminta makanan lagi. Jika tidak diberi, ini dapat membuat mereka kesal dan melakukan perusakan.

  1. Menemukan sumber air

Sumber air adalah hal pertama yang harus kamu temui di perjalananmu di alam. Tanpa air kamu akan mengalami dehidrasi dan menyulitkan perjalananmu. Pastikan alur perjalananmu sesuai dengan jalur air sehingga kamu tidak bermasalah dengan kebutuhan air bersih.

  1. Susun rencana dengan matang

Hal ini merupakan hal penting sebelum kamu keluar rumah melakukan perjalanan. Pastikan kamu dan kelompokmu sudah membuat rencana yang matang dan memberitahukan kepada petugas setempat tentang kedatanganmu. Jangan sampai perjalananmu menjadi perjalanan coba-coba ke lokasi yang belum pernah dikunjungi manusia. Jangan pernah menukar keselamatanmu  dengan pengalaman berada di tempat yang membahayakan. Keselamatan tetap yang utama.